First post! Photoshop Tutorial 'How to make pink lava tone'

July 30, 2017


   Halooo!!! Alhamdulillah kesampaian juga buat blog baru *yey* setelah sekian lama dari bikin beberapa blog dan akhirnya pilihan saya jatuh ke alamat blog baru yaitu 'ndjengs' alasannya blog pertama saya ngga dipakai lagi karena lupa password email dan blog jadi satu mau gamau harus merelakan blog yang udah saya bangun sejak smp! kebayangkan nangis dan nyeselnya gimana?? but anyway saya gamau stuck disitu aja, sempet sih sma bikin blog lagi tapi yaa lagi lagi guys.. lupa password dan saat pengen ganti passwordnya *jenggg jenggg* ada security alertnya. Diajuin tuh beberapa pertanyaan agar mastiin ini bener-bener pemilik akun tersebut apa nggak. Dann hei pliss ini yang punya plis tapi juga lupa ngisi jawaban apa pas pertanyaannya di ajuin sewaktu kita buat akun.. dasar pikun. Yaudalah mau ga mau ikhlasin lagi.. jadi jangan bingung ya blog saya yang mana sekarang, Officialll out nih wkwk kenalin ini serius deh serius yang ini blog aktif aku.

   Next time rencananya pengen bikin beberapa post kedepan agar bisa konsisten gitu dalam menulis dan membuat karya. Maafin banget ya temen-temen klo semisal tulisannya ngga seberapa bagus soalnya saya jarang banget menulis semenjak off di blog. Tapi kali ini bakal dicoba untuk konsisten dan mengarang bebas haha buat konten-konten kedepannya ya! doakan!:) ohiyaa di post kali ini bdwy saya mengangkat tema "photoshop tutorial" di bidang foto nih yeyy angkat tangann sapa yang suka edit foto?? hhe. Kali ini, saya membuat judulnya "pink lava tone" nah banykak banget sekarang aplikasi edit foto yang menawarkan berbagai macam tone warna, akan tetapi mau ga mau kita ngga tau asal usul warna tersebut berasal dan bagaimana cara membuatnya kan? yaiya jelas banget dijaman sekarang pasti serba instan.

   Ngomong ngomong soal aplikasi edit foto ya, salah satunya yang lagi hits banget yaitu VSCO siapasih yang ga kenal sama app edit satu ini. Sudah instan, bagus-bagus dan instagramable banget lah yaa haha. Guys, kalian boleh ajasih suka sama app edit foto yang instan klik sini itu ngatur brightness dll itu tapi kayaknya kalian juga gaboleh jadi manja deh. Why? supaya kalian mahir dalam mengedit foto tentunya ada beberapa tahap yang harus dilewatin kan? kalian perlu tau asal usul ngebuat tone foto yang sesuai keinginan kalian banget salah satunya melalui software Adobe Photoshop. Photoshop yang saya gunakan adalah versi CS 6, dan di post ini saya akan nunjukin tutorial mudah dan mungkin kalian ngga nyangka ternyata belajar photoshop itu ngga sulit kok! Judulnya pink lava tone sebab tone kali ini cenderung ke soft pink tone seperti itu.. jadi lebih ke warna fliter yang pastel yaa. Sapa pecinta fliter pastel?? *acungin tangan* eaa.



   Daripada kelamaan nungguin pembukaan yang gaada habis-habisnya, pasti kalian pada nanya gimanasih caranya kak sebenernya? buruan dong? okeey here you go for "How to Make Pink Lava Tone" Siap siapin photoshopnya yaaa!

1) step kesatu dan awal ini yang jelas kalian harus open file yang asli dengan cara klik File > Open (open file kalian ya) > OK, setelah itu nanti tampilannya seperti screenshoot dibawah ini lengkap dengan duplicate layer yang akan dijelasin di step dua ya:



2) Step kedua kalian duplicate layernya dengan cara CTRL + J  *ini untuk jaga jaga ketika kalian ingin menambahkan brightness atau contras secara tidak permanen ke foto kalian sebelum melalukan penggantian tone warna foto.

3) Di step ketiga ini caranya untuk merubah tone warna awal yang akan dipakai pada tutorial kali ini, klik Layer > New Adjustment Layer > Photo fliter. Lalu kalian pilih fliter Warning Fliter (85) dengan pengaturan seperti dibawah ini:




4) Step selanjutnya, klik Layer > New > Layer > OK. Layer ini berfungsi untuk memberikan efek gradiasi cahaya pada foto kalian nanti:


5) Klik gradient tool di samping kiri bar pada photoshop, selanjutnya kalian bisa ikuti alur untuk meng-klik sesuai penomeran yang suda tertera pada gambar dibawah ini:


6) Step 6, klik pada icon yang sudah diberi tanda warna putih pilih yang berwarna pink klik dua kali > ganti warna pink pastel #e18989 > OK. Tarik warna gradasi tersebut dari ujung atas kiri ke bawah (sesuai selera)


7) Maka tampilannya akan seperti ini, lakukan juga dengan mengganti warna kembali dengan kode #e19b89 > OK. Tarik dari ujung atas kanan ke bawah (sesuai selera) ini digunakan untuk memberi tone warna berbeda pada langit. 


8) Setelah itu tetap dalam keadaan Normal kalian kurangi opacity 'layer 2' yang terisi kedua warna gradient tersebut sesuai selera kalian, misalnya dengan opacity 42%

9) Pada step kali ini yaitu menambahkan cahaya flare putih dari Gradient Tool, caranya sama hanya saja warna yang digunakan adalah warna yang lebih terang seperti warna putih > OK > tarik dari luar ke dalam > ganti mode normal ke screen > opacity 100%:


10) Step kesepuluh adalah, klik icon new layer > pastikan navigator aktif dengan cara (window > navigator) *sebagai zoom out dan in > klik brush icon di bar: 


11) Step selanjutnya pastikan brush kalian sudah di setting sesuai dengan gambar dibawah ini dengan cara klik brush icon di bar atas (yang ada angkanya) *so sorry salah merah-merahin harusnya yang sampingnya lagi* lalu kalian setting:



12) Klik icon yang bernomer 1 > pilih warna pink > brush pada bagian mulut > ganti mode Multiply


13) Jangan lupa untuk opacitynya dikurangi yaa supaya warna merah dibibirnya engga terlalu mencolok, ohiya ini digunakan karena untuk membuat tampilan wajah di modelnya agar terkesan tidak pucat:


14) Layer > New Adjustment Layer > Photo Fliter > pilih cooling fliter (82) > dengan  density 8% > ikuti yang sudah dikasih tanda merah yaa:


15) Nah untuk memberikan efek gelap pada sisi kanan foto kalian bisa menggunakan Layer > New adjustment layer > levels (dengan format angka seperti dibawah ini, kalau kalian ingin lebih gelap atau terang kalian bisa atur dari opacitynya):


16) Karena cahaya yang masuk dari sebelah kiri atas maka bagian foto sebelah kiri yang sudah diberi levels tadi harus dihapus agar cahaya gradient yang sebelumnya bisa nampak dengan cara klik Eraser Tool > hapus dari bagian kiri atas atau juga bisa dari tengah di pinggir kiri foto > perhatikan opacity bar erasernya antara 20-30% > lalu hapus dengan format eraser yang sudah tertera di gambar:


17) Flatten layernya dengan, Layer > flatten image > ok:


18) Selanjutnya, CTRL + J > window > style > photographic effects >  klik yang bertanda merah bagian style > screen > opacity 16%:


19) Duplicate layer (dengan CTRL + J) > pilih warna style yang suda di beri tanda merah > color dodge > opacity 17%:


20) Last! klik layer > new adjustment layer > brightness / contrast >  OK > atur sesuai selera kalian misalnya seperti dibawah ini:


Well done! kalian telah selesai wahh cukup panjang juga ya? atau terkesan susah? hmm smoga bisa bermanfaat ya untuk tutorial kali ini dan smoga juga bisa dipelajari oleh kalian. Kalau ada yang bingung dan ingin memberi masukan bisa kok, silahkan email saya ke nodjengs(at)gmail(dot)com yaa! ku tunggu. Oh yap, jangan lupa di save dengan klik file > save as > ganti format nya jpg > ok. Thank You!! and see you all in my next post! 

PS. Bagi kalian yang ingin PS tutorial yang lain bisa aja langsung request melalui email / dm instagram ya! 
dan ini beberapa hasil aplikasi tone warna dengan editting yang sama di lain foto:


You Might Also Like

0 comments

Like Me on Facebook